Apa Itu Dasar Telekomunikasi ? kita akan mulai dari Telepon, Telepon adalah instrumen yang berada di jaringan telepon. Jaringan telepon tersebut dapat berada pada PBX – Pertukaran Cabang Swasta (sistem telepon), atau dapat juga pada PSTN – jaringan telepon saklar publik (yaitu perusahaan telepon).Saluran telepon biasa yang Anda miliki di rumah disebut POTS – Sistem Telepon Lama Biasa. Ini garis analog dan merupakan dasar telekomunikasi
Di lingkungan kantor, ketika jumlah saluran telepon melebihi 15, perusahaan biasanya memasang saluran telepon yang disebut T1 / PRI. T1 adalah jenis saluran yang dapat menangani hingga 24 panggilan telepon secara bersamaan. PRI berarti Antarmuka Tarif Utama. T1 terdiri dari 24 saluran. Saluran tersebut disebut Saluran B. B berarti pembawa, artinya, Anda dapat melakukan 24 panggilan di saluran itu. PRI menggunakan salah satu saluran ini untuk data, seperti ID pemanggil. Oleh karena itu, saluran ke-24 pada PRI disebut saluran D. Ini menyisakan 23 saluran B untuk panggilan telepon.
Jenis jalur lain yang menjadi sangat populer adalah SIP. SIP adalah singkatan dari Session Initiation Protocol, dan merupakan jenis saluran VoIP. VoIP = Suara melalui IP. VoIP digunakan saat melakukan panggilan melalui Internet atau melalui jaringan pribadi perusahaan. Banyak aplikasi seluler yang memungkinkan Anda melakukan panggilan VoIP di ponsel menggunakan SIP.
Salah satu konsep yang sangat penting saat menerapkan VoIP adalah QoS. Ini adalah singkatan dari Quality Of Service. Pada dasarnya, saat melakukan panggilan melalui Internet atau jaringan pribadi, Anda bersaing untuk mendapatkan bandwidth dan sumber daya yang sama seperti, misalnya, email. Sekarang, jika pengiriman email tertunda satu detik, tidak ada yang benar-benar peduli atau bahkan menyadarinya. Namun, jika Anda sedang bercakap-cakap dan ucapan Anda tertunda satu detik, itu mungkin terdengar sangat buruk. Atau lebih buruk lagi, jika kata-kata Anda diterima oleh pihak lain, tidak teratur itu akan merusak percakapan Anda. QoS memecahkan masalah ini, dengan menetapkan prioritas pada panggilan telepon dan membuat email itu menunggu sampai ucapan Anda membersihkan jaringan. Catatan: QoS hanya dapat dijamin di jaringan pribadi, dan bukan di Internet publik.